Kamis, 19 Januari 2012

Pentingkah Mengajarkan Disiplin Kepada Anak?

Mendidik anak supaya tumbuh menjadi orang yang berguna sudah mejadi kewajiban kita sebagai orang tua. Untuk mencapai cita-citanya anak membutuhkan bimbingan dari kedua orang tua. Karena salah satu faktor kesuksesan anak juga karena pendidikan anak yang didapat dari kedua orang tua. Lingkungan juga memiliki konstribusi untuk perkembangananak.
Mendidik anak dengan disiplin ada baiknya asal tidak kelewat disiplin. Setiap kita mengajarkan tentang kedisiplinan tentu kita juga perlu memberi contoh kepada mereka bahwa kita telah melakukan hal-hal yang memang telah disepakati bersama. Banyak contoh kasus kecil yang bisa di terapkan untuk mengajarka kedisiplinan. Misal sholat tepat pada waktunya, jika kita sebagai orang tua selalu telat dalam menjalankan sholat tentu anakjuga akan meniru atau dengan kata lain jika anak dikasih tau untuk sholat tepat waktu mereka akan bilang Ayah/ Ibu aja telat kok sholatnya.

Terapkan rewards dan konsekuensi sebagai contoh jika kita ingin anak kita bangun pagi setiap hari mungkin akan lebih baik jika ada hadiah dan konsekuensi yang kita terapkan pada aturan disiplin bangun pagi ini. Misal anak diberi suatu hadiah jika dalam seminggu bangun pagi terus. Terus terapkan juga konsekuensi jika anak telat bangun, konsekuensi ini tentu di utarakan dari awal dengan kesepakatan si anak supaya anak tahu hadiah dan konsekuensi apa jika mereka bangun pagi atau bangun siang.
Hal-hal diatas hanyalah contoh sederhana dalam kita menerapkan disiplin pada anak kita. Masih ada banyak cara untuk belajar disiplin tergantung kreatifitas kita saja.

0 komentar:

Posting Komentar